Manfaat Es Degan


Penyejuk dahaga

Manfaat air kelapa yang sangat jelas adalah untuk penyejuk dan penghilang rasa dahaga.

Pengganti cairan tubuh

Setelah beraktivitas yang menghabiskan banyak tenaga, maka cairan tubuh atau ion dalam tubuh akan berkurang. Air kelapa memiliki elektrolit alami yang bisa mengganti cairan tubuh yang hilang akibat beraktivitas tersebut.

Sebagai infus

Air kelapa dapat digunakan sebagai infus. Hal ini biasannya digunakan oleh angkatan militer jika dibutuhkan saat tengah beroperasi di hutan atau dalam situasi terdesak.

Mencegah gangguan pencernaan

Air kelapa mengandung lemak yang rendah serta kalori yang rendah. Segelas air kelapa dalam proses pencernaan bisa meghindarkan kita dari peradangan. Hal ini disebabkan karena air kelapa memiliki asam lautay yang menyembuhkan gangguan saluran pencernaan.

Baik bagi penderita jantung dan diabetes

Air kelapa termasuk air yang rendah kadar gula. Jadi, air kelapa termasuk minuman yang benutrisi bagi penderita jantung dan juga penderita diabetes.

Membersihkan racun dari tubuh

Air kelapa merupakan minuman energi dengan enzim bioaktif yang meningkatkan metabolisme serta meredakan rasa lelah. Sehingga air kelapa dapat membersihkan racun dalam tubuh.

Menyembuhkan infeksi urin

Air kelapa merupakan obat alami untuk mengobati infeksi urin. Hal ini tentu sangat berlaku pada kesehatan ginjal dan batu uretra. Air kelapa juga dikenal sejak dahulu bisa menyembuhkan gangguan saluran kencing. Segelas air kelapa dapat meredakan rasa sakit dan nyeri akibat susah kencing.

Mengobati luka

Selain air kelapa untuk diminum, ternyata air kelapa bisa untuk mengobati luka, telapak kaki pecah-pecah, bahkan eksem. Caranya adalah dengan membuat obat oles yang terbuat dari olahan beras dan air kelapa. Untuk membuatnya coba ambilah segenggam beras, lalu rendamlah beras tersebut ke dalam air kelapa bersamaan juga dengan tempurungnya, sehingga beras terasa asam karena peragian, kemudian beras ditumbuk hingga halus.

Baik untuk ibu hamil

Air kelapa memiliki manfaat yang sangat besar apabila dikonsumsi oleh ibu hamil, tetapi ada sebagian orang tidak mempercayai itu. Jika ibu hamil rutin meminum air kelapa, terutama di trimester ketiga, maka air ketuban dari ibu hamil tersebut akan bersih dan bayi yang dilahirkan juga bersih kulitnya, lebat rambutnya, dan matanya akan bening.

Menyehatkan rambut

Air kelapa juga dipercaya bisa menyehatkan rambut serta melebatkan rambut, sehingga rambut menjadi sehat alami.

Menyehatkan kulit

Air kelapa bisa untuk mengatasi jerawat. Caranya adalah dengan mencuci muka setiap hari secara rutin dengan menggunakan air kelapa. Selain itu, air kelapa juga bisa untuk mengatasi noda-noda hitam di wajah, kerutan pada wajah, kulit kering, dan wajah bisa dapat tampak berseri.

Membantu tubuh mengatur tekanan darah dan fungsi organ jantung

Air kelapa dapat mempercepat naiknya trombosit atau sel darah merah bagi penderita DBD dan menurunkan demam (trombosit turun karena digunakkan untuk mencegah pendarahan, yang disebabkan demam tinggi mengakibatkan pengentalan darah, dan pembuluh darah membesar).

Sebagai diuretik

Air kelapa bermanfaat untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa yang dicampur dengan sedikit dari sari jeruk sitrun bisa bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk mengurangi serta melawan gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.

Untuk Melawan Penyakit

Selain rasanya yang sangat menyegarkan, air kelapa muda mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Beberapa orang mengkonsumsinya untuk mengatasi mual muntah, bahkan sering digunakan untuk menggantikan plasma-plasma dalam transfusi darah saat masa Perang Dunia II.
Kandungan mineral dan juga elektrolit dalam air kelapa muda sangat bermacam-macam mulai dari kalsium, kalium hingga magnesium. Ketika kelapa mulai tua, mineral itu banyak terserap untuk mengeraskan daging kelapa yang berwarna putih sehingga khasiatnya pun sudah mulai berkurang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fun Facts About Coconut

Kelapa - Kekayaan Indonesia

Cara Menanam Pohon Kelapa