Tips Budidaya Pohon Kelapa


Syarat Tumbuh Pohon Kelapa Berdasarkan Cuaca atau Iklim

Tanaman kelapa adalah tanaman yang tumbuh dengan sempurna apabila tumbuh di daerah dengan curah hujan sekitar 1300 – 2300 mm/tahun dan bahkan dapat bertahan hingga 3800 mm dan mungkin lebih apabila drainase yang dimiliki sangat baik. Karena diperlukan untuk fotosintesis, dibutuhkan sekitar 120 jam/bulan untuk minimum waktu dari penyinaran sinar matahari.

Tumbuhan ini adalah tumbuhan yang tumbuh pada suhu udara sekitar 20 sampai 27 derajat celcius. Karena tumbuhan ini sangat sensitive terhadap suhu udara yang dingin (sekitar 15 derajat celcius) maka tanaman ini akan mengalami perubahan pada psikologis tanaman pohon kelapa.

Tingkat kelembaman yang dibutuhkan untuk tanaman pohon kelapa secara rata-rata perbulan adalah sekitar 70 – 80%. Kelembaman minimum yang diperlukan pohon kelapa adalah sekitar 65%, dan apabila lebih tinggi dari 80%, akan menjadikan tanaman menjadi mudah terserang penyakit maupun dari hama lebih sering daripada umumnnya.

Syarat Tumbuh Pohon Kelapa Berdasarkan Ketinggian Tempat Penanaman

Pertumbuhan maksimal yang akan didapatkan dari tanaman kelapa ini adalah kisaran sekitar 0 sampai 450 m dpl. Apabila ditanam pada dataran menengah ataupun dataran tinggi (sekitar 450 – 1000 m dpl) maka tanaman kelapa akan memiliki waktu untuk pembuahan yang tergolong lebih lambat daripada tanaman pada umumnya dan memiliki kadar minyak yang rendah.

Demikian teknik dan cara menanam pohon kelapa dengan baik dan benar, macam – macam varietas jenis tipe kelapa yang unggul, dan tips budidaya pohon kelapa beserta syarat tumbuh pohon kelapa yang baik. Semoga artikel tentang cara menanam pohon kelapa ini bisa membantu masalah anda dan semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin budidaya kelapa untuk sendiri atau bisnis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fun Facts About Coconut

Kelapa - Kekayaan Indonesia

Cara Menanam Pohon Kelapa